Cara Memasak Hati Ayam Agar Tidak Hancur

Cara Memasak Hati Ayam Agar Tidak Hancur

Cara Memasak Hati Ayam Agar Tidak Hancur – Hati ayam adalah salah satu makanan yang sering disajikan bersama dengan sambal serta lalapan sayur. Bentuknya cukup kecil dan kalau pengolahannya tidak tepat, hati ayam mudah hancur. Untuk mempertahankan bentuknya, maka harus diperhatikan cara memasak hati ayam agar tidak hancur.

Selain rentan hancur saat diolah, hati ayam juga rawan pahit. Kalau hati ayam pahit, tentu nanti jadi tidak enak saat dimakan walaupun dikombinasikan dengan sambal yang rasanya sesuai selera. Lalu, bagaimana cara menghindari kemungkinan tidak menyenangkan itu? Ini langkah-langkahnya.

Cara Memasak Hati Ayam Agar Tidak Hancur

Cara Memasak Hati Ayam Agar Tidak Hancur dan Pahit

1.   Memilih Hati Ayam dengan Seksama

Agar hati ayam tidak hancur saat diolah, tentu diawali dengan pemilihan hati ayam yang baik terlebih dahulu. Saat memilih hati ayam ini, jangan sampai terkecoh, pastikan hanya memilih hati ayam yang masih segar dan bagus dengan warna merah muda.

Hindari memilih hati ayam yang warnanya sudah tua dan tampak gelap karena biasanya hati ayam yang demikian ini sudah tidak fresh. Selain sudah tidak segar, biasanya hati ayam tersebut cenderung pahit. Hindari pula hati ayam yang aromanya tidak sedap atau busuk.

2.   Bersihkan Hati Ayam dengan Baik

Hati ayam itu memang rentan hancur, makanya proses pembersihannya juga harus dilakukan dengan hati-hati. Biasanya saat membeli hati ayam, empedunya ikut dan berwarna hitam kehijauan. Bagian ini harus dibuang karena bisa menyebabkan hati ayam menjadi pahit.

Lendir-lendir yang menyelimuti hati ayam juga wajib dibersihkan, bagusnya untuk membersihkannya di bawah air yang mengalir. Membersihkannya juga jangan dengan ditekan terlalu keras dan ini dilakukan sampai hati ayam terasa kesat di tangan.

Selaput tipis serta serat yang masih menempel pada hati ayam juga harus dibuang. Pasalnya, kedua hal tersebut juga bisa membuat hati ayam pahit ketika dimasak.

Pada intinya, proses membersihkan hati ayam ini harus dilakukan dengan cara yang benar supaya hati ayam tidak hancur dan juga tidak pahit.

3.   Rendam dalam Santan atau Susu Cair

Merendam hati ayam di dalam santan atau susu cair bisa menjadi kiat agar hati ayam tidak pahit saat dimakan. Proses merendam ini bisa dilakukan setelah hati ayam selesai dibersihkan dan durasinya hanya beberapa menit saja.

Santan serta susu ini akan membantu menetralisir rasa pahit dan juga efektif membuat hati ayam menjadi empuk.

4.   Campuran Garam dan Air Jeruk Nipis Agar Hati Ayam Tidak Amis

Hati ayam juga tidak akan menggugah selera kalau baunya amis. Untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut, Anda bisa menggunakan garam serta air perasan jeruk nipis. Balurkan kedua bahan ini pada hati ayam saat akan dibersihkan.

Gosok-gosok hati ayam sampai lendirnya hilang. Setelah itu, cuci dengan air yang mengalir sampai benar-benar bersih. Selain dengan cara ini, mengusir bau amis pada hati ayam juga bisa dilakukan dengan cara merebusnya dengan rempah-rempah yang cukup banyak.

Rempah-rempah ini di antaranya ialah kunyit, daun salam, bawang putih, serai, jahe, serta lengkuas. Tidak hanya bisa menghilangkan bau amis, hal ini juga bisa membuat hati ayam menjadi empuk dan enak dimakan.

Baca juga : Pesan Nasi Tumpeng di Cawang

5.   Jangan Terlalu Sering Mengaduknya

Saat memasak hati ayam, usahakan mengaduknya sesekali saja, jangan terlalu sering. Kalau terlalu sering mengaduknya, ini bisa membuat hati ayam jadi mudah hancur. Ini adalah inti dari cara memasak hati ayam agar tidak hancur.

Namun kalau Anda memasaknya dengan panci presto, perhatikan betul api yang digunakan serta lama memasaknya. Karena kalau terlalu lama, bukannya jadi empuk, hati ayam malah bisa hancur akibat kelamaan di dalam panci.

Cara memasak hati ayam agar tidak hancur sangatlah mudah. Anda hanya perlu memperhatikan teknik pemilihan, cara pembersihan, dan cara memasaknya saja. Agar hati ayam tidak amis, bisa gunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Share Button