Cara Membuat Soto Betawi Khas DKI Jakarta

Soto Betawi adalah olahan masakan soto yang berbahan baku daging sapi dan jeroan sapi seperti usus, paru dan babat. Soto ini populer sebagai salah satu kuliner khas Jakarta semenjak tahun 1977an. Dimana yang mempopulerkan adalah para penjual soto yang ada di lokasi THR Lokasari.

Kuah soto ini sendiri memiliki tekstur yang kental dengan aneka bumbu rempah yang gurih terutama karena adanya bahan santan. Ada banyak sekali versi resep masakan soto Betawi ini. Bahkan ada yang mengganti kuah santannya dengan kuah susu. Namun cita rasa khas soto ini berasal dari rempah yang digunakan sehingga baik kuah santan atau susu sama-sama lezat untuk disantap.

Langkah Mudah Memasak Resep Soto Betawi Khas Jakarta

Sebagai salah satu masakan khas kota Jakarta tentunya masakan ini tak luput jadi buruan pengunjung kota Jakarta setiap waktunya. Namun untungnya penjual soto Betawi ini hingga saat ini masih ada dan bahkan ada beberapa yang menjadi penjual soto Betawi yang paling laris karena rasanya yang khas dan mantap. Namun jika Anda berada jauh dari kota Jakarta tak perlu risau. Karena berikut ini Kami akan memberitahukan bagaimana cara memasak soto Betawi khas kota Jakarta.

  • Siapkan bahan utama

Langkah yang pertama adalah siapkan daging sapi, daun salam, daun jeruk, daun serai, air dan santan secukupnya kemudian garam dan gula secukupnya serta kaldu bubuk dan minyak goreng.

  • Siapkan bumbu halus

Setelah bahan utama siap, selanjutnya Anda perlu untuk menyiapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah 6 siung, bawang putih 3 siung,  kunyit 2 ruas, lengkuas setengah rimpang,  pala 5 butir, merica, ketumbar, kemiri yang sudah sangrai 3 butir dan jahe 1 ruas.

  • Bahan pelengkap soto

Siapkan pula bahan pelengkap soto yang nantinya akan dibuat secara terpisah. Yaitu irisan kentang tipis yang kering, buah tomat dipotong dadu atau tipis, emping melinjo, irisan daun bawang untuk taburan, dan jeruk nipis jika suka rasa soto yang asem.

  • Langkah membuat soto Betawi

Setelah semua bahan siap, selanjutnya adalah bagaimana cara membuat soto Betawi dengan cita rasa khas Betawi.

Langkah yang pertama adalah rebus daging sapi dengan api kecil hingga menghasilkan kuah kaldu yang lezat. Selagi merebus daging, Anda bisa menumis bumbu halus hingga matang dan berbau harum. Masukkan daun salam, sereh dan daun jeruk ke dalam tumisan.

Setelah itu, masukkan tumisan bumbu halus ke dalam air rebusan daging. Masak hingga bumbu sekiranya meresap ke dalam daging, baru kemudian masukkan santan dengan perlahan. Aduk terus dengan perlahan agar supaya santan tidak rusak atau pecah. Setelah sekiranya kuah agak menyusut atau mengental barulah matikan kompor.

Tata bahan pelengkap irisan kentang dan tomat di sebuah mangkuk, kemudian siram dengan menggunakan kuah soto yang panas dan segar. Berikan beberapa buah daging dan jeroan ke dalam mangkuk. Beri bahan pelengkap lainnya yaitu emping melinjo, jeruk nipis dan  taburan daun bawang di atasnya. Sajikan ketika soto dalam kondisi hangat.

Tips Memasak Resep Soto Betawi Khas Jakarta

Saat merebus daging dan jeroan sebaiknya Anda lakukan secara terpisah. Hal ini dimaksudkan agar bau amis tak bercampur dengan kuah soto nantinya. Buang air rebusan jeroan jika jeroan sudah empuk dan matang. Potong kecil jeroan kemudian baru masukkan ke bahan rebusan daging untuk kuah soto nanti.

Kemudian Anda bisa memberi tambahan acar timun dan wortel agar lebih segar cita rasa soto Betawi khas Jakarta yang Anda buat. Selamat mencoba.

Share