Hidangan Untuk Akad Nikah

Hidangan Untuk Akad Nikah – Pernikahan adalah hal yang sangat sakral dimana juga berarti menggabungkan kedua keluarga mempelai. Pernikahan juga menjadi acara yang sangat membahagiakan oleh karenanya sering kali pada saat menikah atau akad nikah pasti akan dirayakan.

Salah satu hal yang tidak bisa lepas pada saat perayaan pernikahan adalah adanya hidangan yang harus selalu ada. Hidangan tersebut memang disajikan untuk para tamu yang hadir. Berikut adalah beberapa rekomendasi menu atau hidangan catering untuk akad nikah yang bisa Anda gunakan.

Hidangan Untuk Akad Nikah

Rekomendasi Hidangan untuk Akad Nikah

  1. Ayam goreng

Ayam goreng sudah pasti menjadi pilihan menu andalan saat ada perayaan pernikahan. Hal ini karena semua orang sudah pasti menyukai makanan yang satu ini. Selain itu hidangan ini juga cukup mudah untuk diolah dan cocok dengan berbagai macam menu olahan lainnya.

Untuk memasaknya juga cukup muda, Anda bisa langsung menggoreng ayam yang sudah dibumbui tersebut dengan minyak panas. Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk mengolahnya menjadi resep yang lain seperti ayam goreng bumbu serundeng dan lain sebagainya.

  1. Nasi goreng

Siapa yang tidak mengenal nasi goreng? Semua orang sudah pasti pernah mencobanya dan menyukai hidangan yang satu ini. Nasi goreng bahkan bisa menjadi salah satu menu hidangan untuk akad nikah yang paling diandalkan. Hal ini karena untuk membuatnya memang cukup mudah dan tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama.

Oleh karenanya mengapa nasi goreng pasti selalu ditemukan dalam hidangan untuk akad nikah. Anda bisa menambahkan berbagai macam tambahan lainnya seperti sosis, bakso, daging ayam, sayuran hingga mie juga bisa Anda tambahkan untuk menambah cita rasanya.

  1. Rawon

Hidangan selanjutnya yang berkuah dan umum ditemukan pada acara pernikahan adalah rawon. Biasanya Anda bisa menemukan hidangan ini di malam hari karena memang cocok disantap waktu tersebut.

Rawon sendiri merupakan olahan daging sapi yang dimasak dengan campuran keluwek sehingga membuat warna kuahnya menjadi kehitaman. Hal inilah yang justru membuat hidangan rawon menjadi lebih spesial dengan cita rasanya yang gurih. Sajian rawon ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat, taoge, sambal, kerupuk dan juga telur.

  1. Mie goreng

Mie goreng bisa menjadi ide hidangan untuk akad nikah jika Anda kurang menyukai makan berat. Mie goreng akan tetap enak untuk dimakan tanpa harus menggunakan nasi. Mie goreng ini juga termasuk mudah untuk dibuat sehingga akan lebih memudahkan Anda.

Ada berbagai jenis mie goreng yang bisa Anda sajikan. Mulai dari mie goreng Aceh atau mie bihun. Anda bisa menambahkan berbagai macam variasi lainnya seperti sayuran, sosis, bakso hingga potongan daging ayam.

  1. Pecel

Jika Anda ingin memberikan hidangan dengan tema tradisional, maka pecel bisa menjadi salah satu jawabannya. Makanan yang khas dari Jawa Timur ini bisa Anda jadikan pilihan hidangan sayuran yang menyehatkan.

Penyajiannya biasanya seperti menggunakan lontong, berbagai macam sayuran kemudian akan disiram dengan saus kacang. Rasa manis dan pedas dari saus kacang tersebut juga bisa dihidangkan dengan tambahan bakwan atau tempe goreng.

  1. Sate

Hampir semua orang pasti menyukai inspirasi hidangan untuk akad nikah yang satu ini. Hidangan sate ini cukup mudah untuk dibuat karena hanya perlu menusuk potongan daging dengan lidi kemudian membakarnya hingga matang.

Jangan lupa juga untuk menggunakan saus kacang dan kecap sebagai pelengkapnya. Jika Anda ingin menyediakan hidangan sate ini untuk acara akad nikah, maka lebih baik sediakan dalam jumlah yang banyak. Hal ini karena biasanya kebanyakan mereka akan mengambil dalam jumlah yang banyak. Sate juga memiliki berbagai macam jenis atau variannya, seperti sate ayam, sate kambing hingga sate usus.

  1. Rujak buah

Selain makanan berat, Anda juga bisa menghidangkan makanan sampingan atau makanan untuk pencuci mulut. Makanan tersebut adalah rujak buah. Rujak buah akan sangat cocok untuk dinikmati saat acara pernikahan di siang atau sore hari.

Rasa asam manis yang ada pada saus rujak akan cocok untuk menghilangkan dahaga dan sebagai makanan penutup. Biasanya dalam rujak buah menggunakan buah-buahan seperti jambu air, nanas, buah pir, pepaya dan lain sebagainya.

Tips Memilih Menu Catering Agar Dijamin Pas

Ketika ada perayaan pernikahan, pastinya Anda harus menyediakan berbagai macam jenis hidangan yang bisa diberikan untuk para tamu undangan. Menggunakan jasa catering akan lebih memudahkan Anda. Misalnya di jasa catering Royal Tumpeng yang dapat dihubungi di order@royaltumpeng.com atau 0812 8760 8239.

Namun perlu diperhatikan dalam memilih jenis menu yang ingin Anda pesan seperti:

  • Masakan yang sederhana

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih hidangan yang sederhana. Tujuannya untuk lebih menghemat biaya pengeluaran Anda. Selain itu makanan yang sederhana umumnya akan lebih disukai oleh semua orang. Memilih masakan rumahan yang sederhana dan simpel bisa menjadi pilihan untuk Anda.

  • Memesan camilan

Selain hidangan berat, Anda juga perlu memesan hidangan yang ringan atau camilan. Hidangan tersebut biasanya akan dinikmati oleh para tamu setelah mereka makan berat. Anda bisa memilih untuk menggunakan es krim, salad buah, hingga berbagai macam jenis kue.

  • Hidangan yang tahan lama

Terakhir adalah memilih jenis hidangan untuk akad nikah yang tahan lama. Hal ini bertujuan agar makanan yang Anda pesan tersebut masih enak untuk dinikmati walaupun disajikan dalam jangka waktu yang lama. Terutama jika Anda mengadakan acara pernikahan tersebut selama beberapa hari.

Itulah beberapa macam tips dalam memilih hidangan yang cocok untuk akad nikah, semoga bermanfaat.

Share Button