Ini Dia Cara Membuat Nasi Warna-warni yang Menarik Hati

Cara Membuat Nasi Warna-warni – Nasi merupakan makanan pokok warga Indonesia yang biasanya dihidangkan dengan warna putih yaitu warna asli dari beras. Akan tetapi, untuk meningkatkan selera makan dan juga mempercantiknya biasanya orang akan memberikan warna. Nah, jika Anda tertarik juga dengan cara membuat nasi warna warni semuanya ada di bawah ini:

Cara Membuat Nasi Warna-warni

Nasi Warna Kuning Menggunakan Kunyit

Cara pertama dan yang mungkin sangat umum di sekitar kita adalah nasi yang berwarna kuning. Nasi ini biasanya digunakan sebagai tumpeng. Untuk membuat warna kuning dari nasi adalah menggunakan kunyit. Anda bisa menggunakan kunyit bubuk atau menggunakan kunyit segar.

Jika Anda menggunakan kunyit segar maka harus diambil sarinya terlebih dahulu yaitu dengan cara diparut atau diulek sesuai dengan kemampuan. Peras kunyit dan ambil sarinya untuk merebus beras  yang akan dibuat nasi. Jika menggunakan kunyit bubuk maka tinggal campurkan saja bubuknya dengan air untuk menanak nasi.

Jangan lupa tambahkan santan, daun salam, daun jeruk, garam secukupnya dan juga serai jika Anda suka. Tapi, nasi kuning tak hanya bisa digunakan untuk nasi tumpeng saja, Anda bisa membuat nasi goreng kuning atau nasi kebuli. Hidangan ini memiliki cita rasa gurih yang akan membuat anggota keluarga Anda enggan makan di luar.

Nasi Warna Biru Menggunakan Bunga Telang

Warna biru cerah menjadi warna yang sangat disukai oleh anak-anak. Nah, jika anak Anda susah makan, membuat nasi biru bisa jadi pilihan loh. Untuk memberikan warna biru bisa menggunakan bunga telang. Anda bisa menggunakan bunga telang segar maupun menggunakan bunga telang kering yang bisa didapatkan di supermarket atau e-commerce.

Caranya tak jauh berbeda dengan membuat nasi kuning yaitu dengan mengeluarkan sarinya terlebih dahulu. Tapi, karena bentuknya adalah bunga maka harus diseduh dengan air panas atau direbus terlebih dahulu. Nanti warna birunya akan keluar dan bisa Anda gunakan untuk menanak nasi.

Agar nasi makin enak, Anda juga bisa menambahkannya susu krim atau santan dan juga garam secukupnya. Jika ingin birunya makin cerah bisa ditambahkan sedikit perasan jeruk nipis atau jeruk lemon pada air sari bunga telang tersebut.

Nasi Warna Ungu Menggunakan Ubi Ungu

Selain warna biru, anak-anak juga menyukai warna ungu. Nah, cara membuat nasi warna warni yang ungu ternyata juga bukanlah hal yang sulit. Anda tinggal membeli ubi ungu dan mengambil sarinya. Anda bisa memarut ubi ungu atau bisa dengan di blender sehingga berbentuk jus.

Saring jus ubi ungu tadi dan pisahkan dengan ampasnya. Tambahkan air dan gunakan air ungu tersebut untuk menanak nasi. Anda bisa memasak menggunakan panci atau bisa juga langsung dengan menggunakan magic jar.

Jika ingin menambahkan aroma yang wangi, Anda bisa menambahkan ekstrak vanila atau daun pandan. Karena ubi ungu memiliki rasa yang cenderung manis, bisa Anda tambahkan garam untuk mengimbanginya agar terasa gurih.

Nasi Warna Hijau Menggunakan Bayam atau Daun Pandan

Anda juga bisa membuat nasi dengan warna hijau menggunakan bayam atau daun pandan. Untuk membuatnya, Anda bisa memblender daun bayam atau pandan dengan menggunakan air. Peras dan buang ampasnya. Gunakan air yang berwarna hijau tadi untuk merebus beras yang akan dijadikan nasi.

Nasi yang berwarna hijau khususnya menggunakan bayam tak hanya cantik dipandang tetapi juga sehat. Bayam mengandung zat besi yang tinggi sebagai salah satu zat pembentuk sel darah merah. Anda akan lebih terhindar dari penyakit anemia dengan mengkonsumsinya.

Tak hanya itu saja, warna hijau pada daun merupakan klorofil yang sangat baik juga untuk kesehatan manusia. Klorofil dipercaya bisa mencegah kanker dan mempercepat penyembuhan kulit.

Nasi Warna Merah Menggunakan Buah Bit atau Buah Naga

Untuk membuat nasi yang warnanya merah, Anda bisa menggunakan buah bit atau buah naga. Biasanya, nasi warna merah ini juga dibuat tumpeng tetapi versi lebih modern. Tak hanya merah saja, buah-buahan ini bisa digunakan untuk membuat nasi berwarna pink atau merah muda.

Untuk cara membuat nasi tumpeng warna pink, Anda bisa menambahkan santan atau susu ke dalam sari buah tersebut. Tetapi jika hanya nasi buah bit  saja biasanya akan memberikan warna yang merah.

Buah-buahan ini mengandung serat yang cukup tinggi sehingga cukup bagus untuk melancarkan pencernaan kita. Jadi, tak hanya cantik tetapi juga sangat menyehatkan bukan?

Nasi Warna-warni dengan Menggunakan Pewarna Makanan Jadi

Selain menggunakan warna-warna alami, Anda juga bisa menggunakan pewarna makanan yang banyak dijual di pasaran. Caranya lebih mudah yaitu tinggal masukkan pewarna secukupnya dalam air dan gunakan untuk menanak nasi. Untuk membuat nasi uduk, tinggal masukkan santan, garam, daun salam, daun serai, dan garam.

Tenang saja, asal pewarna makanannya aman dan sudah BPOM maka tidak akan mempengaruhi tekstur nasi uduk. Bahkan untuk warnanya juga lebih beragam dibandingkan dengan pewarna alami seperti di atas.

Tapi, dari segi kandungan tentunya lebih sehat jika Anda menggunakan pewarna alami. Pewarna makanan jadi tidak mengandung gizi tinggi sehingga hanya berfungsi untuk meningkatkan estetika saja.

Nah, itu dia cara membuat nasi warna warni baik menggunakan bahan-bahan alami atau menggunakan pewarna makanan yang sudah jadi. Nasi warna-warni ini bisa Anda gunakan untuk berbagai hidangan seperti nasi goreng atau pun nasi tumpeng. Berikan lauk kesukaan anak atau keluarga agar selera makan menjadi lebih meningkat.

 

Referensi : https://masakantradisional.com/

Share Button