Jenis Nasi Tumpeng Yang Bisa Anda Pesan di Menteng

Mungkin Anda masih bingung untuk melakukan Pesan Nasi Tumpeng di Menteng? Apa saja jenis nasi tumpeng yang direkomendasikan untuk acara yang akan Anda selenggarakan nanti. Seperti yang diketahui, bahwa saat ini sudah ada banyak sekali katering yang melayani pembuatan nasi tumpeng dengan aneka jenis varian. Anda bisa memilih salah satunya untuk digunakan menjadi sajian pelengkap dalam acara yang akan Anda selenggarakan.

Jenis Nasi Tumpeng Yang Bisa Anda Pesan Untuk Lengkapi Acara Spesial Anda

Jika melihat banyaknya varian nasi tumpeng, maka mungkin Anda akan bingung memilih salah satu jenis nasi tumpeng yang cocok untuk acara Anda nanti. Untuk itulah, disini Kami mencoba untuk memberikan sedikit informasi khususnya tentang jenis nasi tumpeng yang bisa Anda Pesan Nasi Tumpeng di Menteng.

  1. Nasi tumpeng klasik

Ini adalah jenis nasi tumpeng tradisional yang paling favorit dan paling banyak dipesan oleh masyarakat Indonesia khususnya yang berada di ibukota Jakarta. Nasi tumpeng ini memiliki rincian berupa nasi kuning dengan lauk pauk pendamping ayam goreng, empal suwir, sambal goreng ati, mie goreng, urap, serundeng dan telur balado. Semua itu disajikan dalam wadah bundar dari bambu dengan hiasan serta alas yang terbuat dari daun pisang.

  1. Nasi tumpeng hemat

Nasi tumpeng yang dibuat dengan sederhana namun tetap dengan tidak mengurangi ciri khas dan kesan elegan dari nasi tumpeng yang dibuat. Berisi nasi kuning, ayam goreng, sambal goreng ati, orek tempe, kacang teri, telur dadar, serundeng, urap dan mie goreng. Varian ini umumnya banyak dipilih karena memang memiliki harga yang hemat dan terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

  1. Nasi tumpeng super

Pilihan nasi tumpeng yang dibuat dengan porsi banyak dan besar sekaligus dengan lauk pauk yang lezat menggiurkan. Nasi tumpeng ini berisi nasi kuning, telur balado, ayam bumbu rujak, kentang balado, kacang teri, mie goreng, bakwan sayur, serundeng dan urap. Sajian yang cukup lengkap untuk menjadi santapan tamu khusus Anda.

  1. Nasi tumpeng extra

Untuk Pesan Nasi Tumpeng di Menteng yang satu ini berisi nasi kuning, tahu dan tempe bacem, empal daging, mie goreng, kacang teri, urap, serundeng dan telur dadar. Dibuat secara khusus dengan tambahan nasi dan lauk pauk ekstra untuk beberapa orang tamu undangan yang hadir. Meski porsinya tak sebesar nasi tumpeng super, namun dari jumlahnya masih cukup untuk disantap sekitar 10 orang.

  1. Nasi tumpeng berkah

Jenis nasi tumpeng yang banyak digunakan dalam acara syukuran. Karena itulah biasanya pembuatan nasi tumpeng ini dibuat dengan bentuk kerucut sederhana, dengan rincian berisi nasi kuning, mie goreng, empal daging, ayam goreng, perkedel kentang, telur dadar dan urap sayur. Untuk penyajiannya pun masih sama dengan menggunakan wadah bambu berbentuk bulat pipih dengan hiasan yang terbuat dari daun pisang yang dibentuk sedemikian rupa.

Cara Yang Benar Santap Nasi Tumpeng Sesuai Filosofi

Kebanyakan orang mengetahui bahwa cara yang benar untuk menyantap nasi tumpeng adalah dengan memotong puncak nasi tumpeng. Hal itu juga dilakukan sebagai simbol pertanda acara atau syukuran resmi dimulai atau dilakukan. Padahal ternyata cara tersebut keliru dan tak sesuai dengan filosofi yang dimiliki oleh nasi tumpeng.

Cara yang benar sesuai dengan filosofi yang dimiliki oleh nasi tumpeng adalah dengan memotong dan mengkonsumsinya dari bagian dasar atau bawah tumpeng. Hal itu karena secara keseluruhan nasi tumpeng tersebut adalah satu kesatuan. Nasi tumpeng seharusnya dimakan bersama-sama. Jika tak menggunakan tangan secara langsung maka Anda boleh mengambil nasi tumpeng dengan menggunakan sendok.

Namun dengan catatan, proses pengambilan nasi tumpeng tetap dilakukan dari bawah. Yang nantinya lama kelamaan puncak nasi tumpeng yang merupakan simbol sang Pencipta akan bercampur dengan simbol dasar nasi tumpeng berupa manusia. Demikian ulasan singkat tentang jenis nasi tumpeng yang bisa Anda Pesan Nasi Tumpeng di Menteng dengan harga terjangkau sekaligus rasa yang nikmat dan lezat di lidah. Semoga bermanfaat.

Share Button