Kuliner Khas Gresik

Kuliner Khas Gresik – Gresik merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Gresik ini memiliki berbagai macam makanan yang khas. Jadi ketika Anda mampir ke sana, jangan lupa untuk memesan beberapa hidangan khasnya.

Berikut ini daftar kuliner dari Gresik yang sebaiknya Anda coba ketika pergi liburan ke sana.

Kuliner Khas Gresik

Daftar Kuliner Khas Gresik yang Sedap Untuk Disantap

  • Pudak

Kuliner khas yang pertama adalah pudak. Pudak ini merupakan makanan berupa kue yang khas dari Gresik. Makanan ini terbuat dari bahan gula Jawa, santan dan juga tepung beras. Bahan tersebut kemudian dimasak menjadi satu menggunakan kukusan. Namun sebelumnya adonan juga terbungkus dengan daun pisang.

Hidangan ini akan nikmat ketika masih hangat. Biasanya juga memiliki warna seperti hijau. Pudak ini cocok sebagai oleh-oleh camilan atau jajanan khas dari Gresik.

  • Sego Karak

Orang di Jawa Timur mungkin akan mengira makanan ini kurang biasa. Hal ini karena karak adalah nasi basi yang kering dimana biasanya untuk pakan ayam. Namun berbeda dengan kuliner di Gresik ini. Sego karak bisa diolah menjadi hidangan khas dari Gresik.

Nasi yang sudah kering, akan diolah lagi dengan campuran ketan hitam. Sajiannya akan menggunakan berbagai macam jenis lauk. Tidak lupa juga menggunakan kerupuk dan rempeyek agar lebih nikmat.

  • Bonggolan

Kuliner khas Gresik murah yang satu ini bernama bonggolan. Bentuknya cukup unik karena terbungkus daun pisang dengan bentuk yang panjang dan bulat. Bahan dasarnya adalah daging ikan yang menggunakan campuran tepung kanji atau tapioka. Untuk bumbunya sendiri menggunakan garam, bawang putih, merica, dan juga penyedap rasa.

Aduk semua bahan tersebut hingga merata dan balurkan pada irisan daging ikan. Rasanya akan sangat gurih karena menggunakan daging ikan segar. Hidangan ini bisa Anda nikmati secara langsung atau juga bisa menggunakan tambahan nasi hangat yang lebih mengenyangkan.

  • Jubung

Jubung merupakan olahan yang terbuat dari ketan hitam. Kuliner khas Gresik ini pada bagian atasnya akan menggunakan wijen sebagai taburannya. Jubung ini sebenarnya juga sudah ada di berbagai kota lainnya, hanya saja di Gresiklah yang paling enak dan khas. Ciri khas dari makanan ini adalah bungkusnya yang menggunakan kulit pohon pinang.

Ketika liburan ke Gresik, jubung ini cukup mudah Anda dapatkan. Biasanya jubung banyak Anda temukan pada penjual pinggir jalan. Namun biasanya juga ada catering yang bisa menyediakan makanan khas jubung ini.

Artikel Lainnya : Pesan Nasi Tumpeng di Cawang

  • Bakso Giman GKB

Bakso ini termasuk kuliner yang banyak menjadi sasaran oleh wisatawan. Bakso Giman GKB ini malah menjadi bakso paling enak yang ada di Gresik. Rasa gurih dan juga lezat dari daging bakso sapinya akan sangat terasa nikmat. Namun bakso ini terkadang juga cepat habis. Untuk itu Anda bisa pesan kuliner khas Gresik bakso Giman GKB ini melalui catering.

  • Otak-otak Bandeng Gresik

Selain Sidoarjo yang memiliki otak-otak bandeng, Gresik juga memilikinya sebagai hidangan khas. Banyak wisatawan yang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh karena rasanya yang nikmat. Hidangan ini juga termasuk sangat aman karena tidak menggunakan pengawet.

Selain itu, warga Gresik yang terkenal dengan tambaknya juga membuatnya sendiri. Sajikan otak-otak bandeng dengan nasi hangat dan tambahan sambal untuk menambah cita rasanya.

  • Seafood Kerang Hijau

Jika Anda menyukai makanan laut atau seafood, maka hidangan ini akan sangat cocok. Namanya seafood kerang hijau. Jika Anda berkunjung ke Gresik, maka olahan kerang hijau akan sangat mudah Anda temukan. Hanya saja memang makanan ini biasanya lebih banyak pada restoran seafood.

Akan tetapi banyak juga catering yang jual kuliner khas Gresik berupa kerang hijau ini. Nantinya, kerang hijau bisa berubah menjadi olahan makanan dengan berbagai macam bumbu yang Anda inginkan.

  • Nasi Krawu Gresik

Hidangan khas dari Gresik yang selanjutnya adalah nasi krawu. Mungkin beberapa orang akan bertanya mengenai perbedaan dari nasi krawu biasa dengan yang dari Gresik. Nasi krawu Gresik terbuat dari resep yang khusus. Selain itu, jumlah pilihan lauknya juga lebih banyak daripada nasi krawu biasanya.

Jika lauk dari nasi krawu biasa seperti sambal petis, serundeng, ayam suwir dan belacan. Namun nasi krawu Gresik bisa menambahkan usus, paru, babat, tahu, belut, paru goreng dan semur usus sapi. Jadi Anda bisa menikmatinya dengan berbagai macam tambahan lauk lagi.

  • Martabak usus

Martabak biasanya akan terbuat dari daging, namun berbeda dengan martabak dari Gresik. Martabak ini menggunakan usus untuk pengganti dagingnya. Selain itu juga menggunakan tambahan isian yang lain. Seperti bihun, usus ayam pedas dan telur. Martabak ini akan sangat cocok sebagai santapan sore atau malam hari.

Untuk menikmatinya bisa menggunakan cocolan saus. Seperti bumbu petis hingga saus sambal. Sajikan juga dengan hangat untuk menambah kelezatannya.

  • Sego Room

Sekilas, sego room ini akan mirip dengan bubur sumsum karena warnanya yang oranye kecokelatan. Namun ternyata warna tersebut dari saus sambal. Saus tersebut terbuat dari cabai halus dan udang yang disangrai. Untuk penyajiannya juga unik karena menggunakan daun pisang yang dipincuk.

Nasi hangat dengan siraman saus yang pedas dan gurih akan menambah selera makan Anda. Anda juga tidak perlu bingung untuk mencarinya karena hidangan ini mudah ditemukan pinggir jalan. Selain itu harganya juga cukup terjangkau untuk Anda nikmati.

Demikian adalah artikel mengenai 10 kuliner khas Gresik yang mungkin akan bermanfaat untuk Anda.

Share Button