Masakan Ayam Tangkap Aceh

Selain kaya akan budaya ternyata Indonesia juga kaya akan kulinernya. Setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki berbagai macam masakan yang menjadi ciri khasnya tidak terkecuali Aceh. Daerah yang berada di Pulau Sumatera ini memang terkenal banyak sekali memiliki masakan yang enak.

Variasi Olahan Dari Ayam

Banyak sekali masakan dari Aceh yang enak dan bisa kalian coba sendiri tentunya, salah satunya yaitu ayam tangkap. Banyak yang mengatakan ayam ini dengan nama ayam sampah karena tampilannya yang dipenuhi dedaunan dan berantakan. Kendati penampilannya demikian namun untuk soal rasa jangan diragukan lagi. Masakan yang satu ini tentunya sangat menarik untuk kalian icipi dan coba buat sendiri terutama bagi yang gemar dengan olahan ayam. Bagi kalian yang tertarik membuat ayam tersebut, berikut adalah caranya.

Bahan Ayam Tangkap

Hal pertama yang perlu kalian persiapkan yaitu bahan-bahannya. Bahan yang pertama yaitu ayam satu ekor dan usahakan menggunakan ayam kampung. Persiapkan juga minyak sebanyak 1 liter, 4 lembar daun pandan (iris kasar), 8 daun temurui atau daun pandan seroja, 2 buah cabai hijau dan yang terakhir siapkan 1 cangkir air matang.

Bumbu Ayam Tangkap

Selain bahan tersebut hal lain yang perlu kalian persiapkan yaitu bumbunya. Bahan yang pertama yaitu bawang merah sebanyak 3 siung, bawang putih (dihaluskan 3 siung dan diiris 3 siung). Cabe rawit 5 buah, kunyit dan jahe masing-masing 1 ruas atau sekitar 2 cm, garam 1 sendok teh dan juga air asam Jawa sesuai kebutuhan atau secukupnya.

Proses Pembuatan

Kemudian beralih ke cara pembuatan dari ayam tangkap ini. Setelah semua bahan dan bumbu kalian telah persiapkan maka ini adalah tahap pembuatannya.

  • Hal pertama yang kalian perlu lakukan yaitu potong ayam menjadi bagian yang kecil-kecil. Jika kalian merasa sedikit bingung maka kalian bisa memotong ayam sebanyak 24-30 potong. Jangan lupa untuk mencuci hingga bersih dan untuk menghilangkan bau amis pada ayam kalian bisa meremasnya dengan jeruk nipis.
  • Kemudian haluskan semua bumbu yang ada dengan menggunakan air matang. Setelah bumbu selesai dihaluskan maka rendam potongan ayam tersebut ke dalamnya.
  • Jangan lupa untuk memanaskan minyak goreng sampai benar-benar panas. Setelah minyak benar-benar panas kalian hanya perlu menggorengnya sampai berwarna kecokelatan.
  • Ketika kalian menggoreng ayam ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Hal pertama yaitu usahakan ketika menggoreng, ayam terendam dengan sempurna ke dalam minyak tersebut dan usahakan jangan terlalu berimpitan. Kedua yaitu jika kalian tidak memiliki banyak minyak sebaiknya goreng ayam sedikit demi sedikit saja.
  • Hal lain yang perlu kalian perhatikan yaitu jika ayamnya akan matang jangan lupa masukan beberapa bahan untuk digoreng bersama. Bahan lain yang harus ikut digoreng bersama ayam yaitu daun pandang, cabai hijau, daun salam koja dan juga irisan bawang merah tadi. Setelah semua bahan tersebut masuk kalian hanya perlu menggorengnya selama 3 menit lagi. Setelah itu ayam siap disajikan.

Itulah beberapa bahan, bumbu dan juga proses pembuatan yang perlu kalian lakukan untuk membuat ayam tangkap. Semua bahan dan bumbunya sangat sederhana sehingga siapa pun bisa membuatnya. Dengan membuat ayam tersebut sendiri di rumah tentu saja akan lebih praktis dan juga hemat biaya tentunya. Serta menu yang satu ini bisa menjadi salah satu variasi menu masakan ayam yang bisa kalian jadikan referensi dalam memasak ataupun pesan nasi kebuli di Jakarta. Sehingga masakan ayam yang kalian buat tidak terkesan itu-itu saja yang mungkin saja kurang variasi.

Share