Nasi Tumpeng, Kuliner Andalan Indonesia

Nasi Tumpeng Jakarta merupakan salah satu jenis kuliner berbahan nasi yang cara penyajian nasinya dibentuk menjadi kerucut dan juga ditata bersamaan dengan berbagai macam lauk-pauk. Sedangkan jenis nasi yang digunakan pada kuliner nasi tumpeng ini biasanya nasi kuning tetapi ada juga yang memakai nasi uduk atau nasi biasa saat membuat kuliner nasi tumpeng tersebut. Tetapi memang pada acara-acara, biasanya nasi tumpeng menggunakan nasi kuning.

Membuat Nasi Tumpeng Untuk Acara Spesial

Jika sebentar lagi ada acara spesial seperti ulang tahun, tetapi masih bingung ingin memasak hidangan apa, maka nasi tumpeng spesial bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Cara untuk membuat hidangan kuliner nasi kuning tumpeng spesial yang tak hanya praktis saja, tetapi juga sederhana dan mudah dicoba. Tentunya hidangan satu ini dapat dikukus agar semakin tanak dan juga bisa lebih tahan lama. Anda juga bisa memakai rice cooker agar lebih cepat dan praktis. Kalau dikaji dari rasanya, nasi kuning yang dibuat dengan menggunakan rice cooker dengan nasi kuning yang disajikan tumpeng hampir sama mirip dengan nasi uduk sebenarnya.

Perbedaan Nasi Kuning Dan Nasi Tumpeng

Sebenarnya, Nasi Tumpeng Jakarta dan nasi kuning sama, hal yang membedakan yaitu bentuk pada saat akhir penyajiannya. Nasi kuning yang dibuat dengan menggunakan rice cooker biasa disajikan di atas piring-piring, sedangkan nasi tumpeng yang memang menggunakan nasi kuning dibentuk menyerupai bentuk tumpeng atau bentuk kerucut dengan hiasan dan juga lauk-lauk yang lebih komplit. Dengan begitu, maka tentunya nasi tumpeng lebih lengkap dari sajian nasi kuning yang biasa.

Kegunaan Nasi Tumpeng

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, Anda bisa menggunakan nasi kuning tumpeng ini sebagai media acara spesial. Tetapi selain digunakan untuk acara atau pesta ulang tahun, acara syukuran ataupun resepsi pernikahan, nasi kuning tumpeng ini bisa digunakan untuk hal lainnya. Hidangan masakan Nasi Tumpeng Jakarta yang asli dari Indonesia satu ini juga dapat Anda sajikan sebagai santapan sehari-hari tetapi tentunya bukan dengan bentuk tumpeng, melainkan bentuk nasi kuning biasanya.

Anda bisa membuat hidangan nasi kuning sederhana dengan menggunakan rice cooker supaya lebih cepat untuk santapan baik itu makan siang ataupun makan malam. Lauk pauk yang lengkap dan bahan pelengkap nasi tumpeng tak perlu Anda disediakan. Anda dapat menyajikan nasi kuning ini dengan telur dadar yang diiris-iris, kacang tanah yang digoreng, lalu sedikit abon, bihun, kerupuk udang dan bahan pelengkap lainnya sesuai selera Anda. Dengan tambahan sambal tentunya akan semakin nikmat.

Lezatnya Nasi Kuning Tumpeng Yang Membuat Banyak Orang Suka

Tentunya dibalik populernya nasi kuning ini digunakan sebagai bahan nasi tumpeng, terdapat kelezatan yang dihadirkan. Banyak orang ketagihan menyantap nasi kuning tumpeng tersebut karena rasanya yang lezat, gurih dan juga cocok dengan berbagai bahan pelengkap yang tersedia. Terutama jika lauk pauk yang dihadirkan lengkap, maka tentunya akan menambah kenikmatan saat menyantap nasi kuning tumpeng tersebut.

Lauk pauk yang dapat disajikan yaitu seperti ayam goreng, ayam panggang, dan berbagai bahan pelengkap yang sudah disebutkan di atas. Anda juga bisa menambahkan nasi kuning tumpeng ini dengan irisan mentimun, perkedel kentang, buah tomat yang dipotong, telur bulat sambal balado, daging rendang, dengan tempe bacem, ataupun yang lainnya. Sekian saja ulasan mengenai Nasi Tumpeng Jakarta ini, semoga bermanfaat.

Share