Resep Sambal Ulek Rebon Pedas

Sambal merupakan pelengkap makanan yang paling banyak disukai, rasanya jika tidak ada sambal maka makanan akan terasa kurang pas. Oleh karena itu, muncul segala jenis sambal dan penjual sambal yang mempunyai citarasa yang berbeda-beda. Salah satu sambal yang paling populer adalah sambal rebon. Sambal ini sangat enak jika disantap dengan berbagai masakan Nusantara.

Resep Sambal Udang Rebon

Rasa pedas dari sambal yang membuat siapa pun ketagihan, bagi Anda yang sangat menyukai sambal dan ingin mencoba membuatnya sendiri. Mungkin Anda bisa mencoba membuat sambal rebon. Dengan bahan utama udang rebon dan sabai rawit yang super pedas, sambal ini pasti akan sangat Anda sukai.

Bahan:

  1. Bawang putih 2 siung
  2. Bawang merah 4 siung
  3. Cabai rawit 11 buah
  4. Cabai merah 5 buah
  5. Udang rebon 50 g
  6. Terasi ½ sdt
  7. Garam secukupnya
  8. Minyak             secukupnya

Cara Membuat Sambal Udang Rebon

Cukup sederhana dalam membuat sambal ini, terlebih dahulu kupas bawang merah dan bawang putih. kemudian cuci bersih bawang serta cabai dengan air mengalir. Potong-potong cabai untuk memudahkan proses pengulekan. Kemudian, haluskan semua bahan-bahan. Panaskan minyak secukupnya di atas wajan, tumis sambal hingga matang. Sambal rebon siap dihidangkan.

Udang rebon atau yang biasa disebut dengan ebi sering digunakan sebagai bumbu atau pelengkap dalam masakan. Ebi membuat citarasa makanan semakin lebih kuat dan nikmat. Sama seperti bumbu-bumbu lainnya, ebi juga harus dipilih dan disimpan dengan baik agar kondisinya tetap baik dan bagus saat akan diolah menjadi sebuah makanan.

  1. Pilih Udang Rebon yang masih utuh

Dalam memilih ebi atau udang rebon, pilihlah udang yang masih utuh. Udang rebon merupakan udang kecil yang dikeringkan, maka dari itu sangat rentan untuk remuk atau rusak. Artinya, pilih udang rebon yang tidak banyak bagian tubuh yang rusak. Hal ini dikarenakan udang rebon yang sudah tidak utuh adalah udang rebon yang sudah disimpan terlalu lama.

  1. Perhatikan Warna dan aroma Udang Rebon

Tampilan juga sangat mempengaruhi kualitas udang rebon itu sendiri. Udang rebon yang baik adalah yang warnanya jingga cerah dan memiliki aroma yang segar seperti udang pada umumnya. Sering kali kita melihat ada penjual yang menawarkan udang dengan warna putih pucat, udang seperti ini yang harus dihindari karena mengindikasikan bahwa udang tersebut telah dicampur bahan-bahan kimia.

  1. Simpan Udang Rebon di Ruang Kedap Udara

Cara menyimpan udang rebon ini bisa disimpan di lemari es atau suhu ruangan biasa. namun, harus diperhatikan bahwa udang rebon harus dimasukkan ke dalam ruang kedap udara, seperti toples. Hal ini dilakukan agar udang rebon tetap dalam kualitas yang baik. Jika disimpan di lemari es udang rebon harus tetap dimasukkan ke dalam toples agar tidak terpengaruh suhu dingin, sehingga udang rebon tidak lembap atau basah. Sebaliknya jika disimpan di suhu ruangan, udang rebon juga harus tetap disimpan di toples agar tidak terpengaruh suhu panas yang akan mengakibatkan udang rebon mudah remuk.

Demikian resep sambal ulek rebon yang sudah dijelaskan diatas. Mengonsumsi sambal seharusnya sewajarnya saja agar tidak mengakibatkan sakit perut. Pilih juga bahan-bahan yang masih segar untuk membuat sambal agar rasanya juga semakin lezat. Ebi atau udang rebon bisa Anda dapatkan di pasar atau penjual warung kelontong. Semoga resep diatas dapat bermanfaat untuk Anda

Share Button