Tips Makan Ramen Khas Jepang

Tips Makan RamenJepang memang Negara yang kaya akan kebudayaan dan juga berbagai ciri khas lainnya. Tak jarang budaya Jepang juga bisa mulai menyebar ke Negara lainnya. Mie ramen adalah salah satu makanan khas dari Jepang. Makanan ini sudah memiliki banyak sekali penggemarnya, tak terkecuali di Negara Indonesia. Maka dari itu anda juga bisa dengan mudah menemukan restoran yang menjual makanan mie ramen, mulai dari harga yang murah hingga harga yang mahal. Jika anda ingin mencoba makanan ini maka anda harus mengerti tips makan ramen.

Tips Makan Ramen

Tips Makan Ramen

Jika anda hendak memakan mie ramen maka anda memerlukan sebuah tips agar ramen yang anda makan menjadi lebih nikmat. Berikut ini adalah beberapa tips makan ramen yang bisa anda lakukan.

  • Mencium aroma ramen

Ketika makanan ramen yang anda pesan sudah datang. Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah menghirup aroma dari ramen tersebut. Hal ini dilakukan agar bisa merasakan seluruh rasa yang dimiliki oleh ramen tersebut.

  • Ambil mie ramen sedikit demi sedikit

Setelah menghirup aroma dari ramen tersebut maka anda bisa mulai untuk mengambil mie ramen. Akan tetapi anda bisa mencoba untuk mengambilnya secara sedikit-demi sedikit.

  • Jangan memutarĀ  mangkuk

Jika dahulu anda sering memutar mangkuk dari ramen tersebut maka untuk saat ini sebaiknya anda memutarnya ketika sumpit masih berada diatas ramen tersebut. Selain itu jangan pernah memutarnya lagi.

  • Campurkan telur setengah matang

Ramen memang memiliki ciri khas yaitu telur setengah matangnya. Maka dari itu ketika anda makan makanan ramen anda bisa mencampurkannya dengan kuning telur setengah matang.

  • Gunakan sumpit ketika makan ramen

Walaupun dirasa menggunakan garpu terasa lebih mudah untuk makan ramen. Akan tetapi kenikmatan yang sebenarnya akan lebih terasa jika anda makan ramen dengan menggunakan sumpit.

  • Jangan lupakan sentuhan nori

Selain telur, sentuhan lainnya yang dimiliki oleh ramen adalah sebuah sentuhan dari nori atau rumput lautnya. Anda harus menikmati ramen tetap dengan campuran nori tersebut, selain itu pastikan nori yang anda makan tidak terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan nori yang anda makan akan kehilangan rasanya.

  • Jangan malu dalam menyeruput ramen

Mungkin budaya menyeruput makanan sangat tidak sopan di Negara Indonesia, akan tetapi beda cerita jika anda menikmati ramen. Hal ini dikarenakan ketika anda menyeruput ramen tanpa malu-malu sudah dipastikan bahwa anda sudah menikmati ramen tersebut.

Ciri Khas Yang Dimiliki Oleh Ramen

Ciri khas yang dimiliki oleh ramen dari mie yang digunakan. Biasanya mie yang digunakan adalah mie yang bertekstur tipis dan memiliki warna kuning. Mie tersebut biasanya dibuat dengan tangan sendiri. Memang jika dilihat dengan sekilas mie yang digunakan sama dengan mie instan yang ada di Negara Indonesia akan tetapi jika diperhatikan dengan seksama maka diameter yang dimiliki oleh mie tersebut lebih kecil dibandingkan mie instan. Selain mie, ada ciri khas lainnya yaitu rasa kaldunya. Kaldu dalam ramen biasanya berasa shoyu yang berasal dari kecap khas Jepang. Lalu ada kuah yang menggunakan miso sebagai bahan dasarnya. Kuah yang menggunakan shio atau garam juga sering digunakan. Dengan berbagai ciri khas yang dimilikinya maka anda bisa memesan atau memakan sesuai dengan selera anda.

Cara Membuat Ramen Yang Benar

Mungkin anda ingin memakan mie ramen akan tetapi tidak ingin meninggalkan rumah anda. Maka salah satu jalan yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat mie ramen sendiri. Berikut ini adalah tata cara yang bisa anda lakukan ketika membuat ramen tersebut.

  1. Gunakan dua wajan untuk pembuatan mie ramen. Maksudnya adalah satu wajan untuk membuat kaldu ramen dan untuk wajan yang kedua untuk memasak mie dari ramen tersebut.
  2. Setelah menyiapkan dua wajan tersebut. Anda bisa mulai memasukkan air dalam keadaan yang sudah mendidih.
  3. Jika mie yang anda gunakan tersebut tetap dalam keadaan lengket maka bahan dasar pati yang mempengaruhinya. Jika anda sudah merebus mie tersebut dan terasa lebih lengket maka anda bisa membilasnya dengan air dingin. Hal ini bisa berguna untuk mengurangi kelengketan dari mie yang disebabkan oleh tepung pati.
  4. Ramen memiliki mie yang bertekstur dan tentunya tidak lengket. Maka dari itu ketika memasak mie anda tidak perlu memasaknya terlalu lama. Selain itu jika mie sudah matang anda bisa meletakkannya pada air es. Dan mulai menyiapkan bahan bahan lainnya.
  5. Jika kaldu yang sudah anda masak sudah dalam keadaan siap, maka hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memasak mie yang anda letakkan pada air dingin tersebut di dalam air yang sudah mendidih dalam jangkauan waktu sekitar 10 detik.
  6. Penyajian suatu ramen memang dirasa memiliki sebuah rasio didalamnya. Tentu saja hal ini perlu anda perhatikan juga. Rasio didalam penyajian ramen adalah seperti 80:10:10. Dimana 80 persen adalah untuk mie, 10 adalah untuk sayuran dan 10 persennya lagi adalah untuk protein yang ada didalam ramen tersebut.
  7. Untuk memakan mie ramen anda tetap membutuhkan mangkuk. Dan cara penyajiannya yang pertama adalah anda mulai meletakkan mie kedalam mangkuk terlebih dahulu. Setelah itu anda bisa mulai meletakkan protein yang dilanjutkan dengan tambahan sayuran di dalamnya. Jika semua sudah dimasukkan maka anda bisa menambahkan kaldu hangat sebagai sentuhan terakhirnya.

Tips makan ramen sudah dijelaskan pada artikel ini. Selain itu anda bisa membuat ramen di rumah anda sendiri. Jika anda tidak memiliki waktu untuk keluar rumah maka anda bisa membuatnya dirumah dengan tips yang sudah dijelaskan diatas.

Share Button